TINGKATKAN INFORMASI MELALUI PEMBINAAN KIM



Pada hari Rabu tanggal 21 Nopember 2018 bertempat di Aula Kecamatan Pasrujambe di lakukan Pembinaan Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) oleh Dinas Komunikasi dan Informasi Kabupaten Lumajang dalam kesempatan ini di wakili oleh bapak ALFIAN, S.Sos selaku Kepala Bidang Komunikasi Publik dan Persandian, acara ini dihadiri oleh Ketua TP PKK Kecamatan , seluruh anggota Kim Kirana Kecamatan Pasrujambe, Seluruh Kepala Desa ( 7 Desa), Ketua TP PKK Desa se-Kecamatan Pasrujambe dan Sekretaris Desa se-Kecamatan Pasrujambe. 

Sekretaris Camat Pasrujambe Saudara IKO SAWARISDIYANTO, S.Sos sebagai perwakilan Camat Pasrujambe dalam acara tersebut. Membuka acara dan meberikan pengantar “ Kelompok Informasi Masyarakat atau KIM merupakan kelompok yang dibentuk oleh Masyarakat yang bertujuan untuk mengakses informasi seputar pembangunan, pariwisata dll yang dapat mengangkat minat wisatan untuk berkunjung’ ujar Sekretaris camat dalam sebagian sambutannya. 

Bapak Suwoko selaku Ketua Kim Kirana Kecamatan Pasrujambe yang di berikan kesempatan awal untuk menyampaikan riwayat Kim Kirana di bentuk di kecamatan “sebelum ada istilah Kim dulu Kelompok ini di Kenal dengan istilah Kelompocaper yang merupakan singkatan dari Kelompok Pendengar, Pembaca, dan Pemirsa, adalah kegiatan pertemuan untuk petani dan nelayan di Indonesia yang dicetuskan pada masa pemerintahan Presiden Suharto. Kegiatan ini mengikutkan petani-petani berprestasi dari berbagai daerah”

Bapak ALFIAN, S.Sos selaku Kepala Bidang Komunikasi Publik dan Persandian menyampaikan tujuan di lakukan Pembinaan Kim dan Kenapa acara undangan di hadiri Kepala Desa yaitu menyampaikan rancangan awal / Draf Pembentukan Kelompok Informasi Masyarakt (KIM) Desa, Forum Komunikasi Kim Kecamatan dan Forum Komunikasi KIM Kabupaten, Latr belakang pembentukan hal tersebut adalah penyebaran Informasi di Indonesia menjadi tantangan tersendiri. Dengan Puluhan Desa yang ada saat ini, Kelompok Informasi Mayarakat Desa ( KIM Desa) lahir di Desa, menyampaikan informasi di desa, dengan adanya rumusan arah pengembangan KIM Desa dan Perannnya dalam masyarakat serta prospeknya di masa yang akan datang. Tujuan Kim Desa dibentuk bukan hanya untuk bertukar informasi tetapi juga merupakan simpul Komunikasi antara Pemerintah dan Masyarakat di pedesaan yang juga berperan sebagai penyembar informasi kepada masyarakat
bu. Zaenal KIM