Waspada Demam Berdarah

.Musim penghujan tahun 2012 ini, telah membawa dampak yang sangat parah di Desa Kertosari dan sekitarnya, karena terhitung dari bulan januari kemaren sudah 6 warga yang terkena gigitan nyamuk aidies aegypti, dan semuanya baru sembuh ssetelah dibawa kerumah sakit.

Hal ini terjadi karena kurangnya kesadaran warga akan pentingnya tindakan 3 M (menguras, menutup, mengubur ), dan kurangnya sosialisasi dari dinas kesehatan tentang berbahayanya nyamuk aidies aegypti bila menggigit manusia. Saat dikonfirmasi mereka mengungkapakan bahwasannya pemerintah kabupaten lumajang sebenarnya mengahrapkan Kader program gerbang mas ( Gerakan Membangun masyarakat Sehat )lah yang bertindak memberikan pengertian kepada warga tentang pentingnya 3 m mengingat merekalah yang setiap hari berinteraksi dengan warga karena di setiap dusun di Kabupaten Lumajang terbentuk Posyandu gerbang mas dan baiasanya beranggotakan 7 orang kader, namun banyak dari Kader Gerbang Mas yang enggan bertindak, karena menurut mereka minimnya dana yang mereka terima di program gerbang mas ini sehingga menyebabkan anggaran tidak mencukupi untuk melakukan sosialisasi. apalagi di tahun 2010 ini anggaran yang mereka terima hanya 3 juta rupiah, turun drastis dari anggaran tahun 2009 yang sebesar 10 juta rupiah.
Sebenarnyalah sosialisasi tidak harus dengan mengumpulkan warga kemudian di beri kosumsi yang membutuhkan dana besar, tapi sosialisasi cukup dengan mengetok tularkan pengetahuan mereka tentang pentingnya 3 M untuk pencegahan demam berdarah kepada para tetangganya.