PASRUJAMBE, WISATA PENGETAHUAN BENCANA GUNUNG


Bila datang ke wilayah Kecamatan Pasrujambe, pasti akan sering berdecak, karena bila melintas dijalanan lokasi ini kanan-kiri dapat kita lihat sawah dengan tanaman padi yang di sawah-sawah itu banyak nongol batu-batu besar.

Batu-batu itu bukan karena ditempatkan di sawah-sawah itu karena diangkat masyarakat atau sengaja ditaruh di sawah itu, namun batu-batu besar itu adalah bukti sejarah yang menginformasikan bahwa jika Gunung Semeru murka, maka materi seperti itu yang dikeluarkan dari perut Gunung dan pastinya sangat berbahaya terhadap tempat yang terkena bencana Semeru itu. Wisata begini ini sangat cocok untuk para siswa atau kaum muda agar dengan menyaksikan bukti alami bencana alam Gunung Semeru dapat memunculkan spirit untuk tidak mudah berbuat yang merusak alam dan dapat menyebabkan kerusakan alam serta berbagai bencana alam.
Disini juga ada Sungai yang sangat lebar untuk Lumajang yang dinamakan Besuk Sat . Sungai inipun saat ini jika tidak dilalui air banjir lahar dingin berlimpahnya potensi pasir dan bebatuannya menjadi Rejeki tersendiri bagi masyarakat. Jangan lupa, pasirnya tercatat sebagai pasir terbaik se Asia Tenggara karena kandungan besi (Fe) cukup tinggi sehingga sangat baik untuk material bangunan apapun.

Pendek kata melintas di Pasrujambe dapat memberi pelajaran berharga betapa kedepan alam harus tidak boleh dirusak lingkungannya, jika tidak ingin bencana semacam terjadi dan memungkinkan menimbulkan bencana dahsyat dan korban jiwa yang memilukan.