DUA SANTAPAN BAGI MANUSIA

Manusia yang diciptakan dari Nuthfah ,terdiri dari laki-laki dan perempuan, kemudian  manusia sangat membutuhkan santapan jasmani dan rokhani .Orang jawa mengatakan  jasmani membutuhkan santapan sekul sayur  tapi  Rokhani membutuhkan santapan ilmu dan pitutur Dalam hal  ini jamaah pengajian muslimat sekecamatan Pasrujambe dari  tujuh Desa  sedang ber istighotsah untuk memohon kepada Alloh SWT .
Kegiatan ini dilaksanakan  secara rutin  setiap hari minggu  pon di pondok/Dirumah Ibu Nyai Hajah Fina Nadziroh yang dikenal  Nama  Aslinya  Ibu Nyai Ni’mah Nasih di Desa Bades Kecamatan Pasirian dan dikuti  dari beberapa Kabupaten antara lain,Kabupaten Probolinggo,Kabupaten Pasuruan Kabupaten  Malang Kabupaten   Jember dan Kabupaten Lumajang.
Dan apabila kegiatan ini ada Yang Mintak per orangan maupun  Organisasi  maka acara tersebut  pindah tempat.Jamaah muslimat NU Yang mengikuti  kegiatan  ini kurang lebih 3 ribu sampai  5 ribu orang.Sebelum acara inti dimulai diadakan Kesenian Kosidah Albanjari oleh  santriwati.Bahkan bila dimintak oleh Anggota  yang minat atau mempunyai hajat kladang-kadang acara tersebut  bisa satu minggu sekali.
Tujuannya agar diberi keselamatan dunia dan ahirat,dimudahkan segala usahanya,diberi panjang umur  dan agar diberi rezeki  yang halal dan barokah dan diberi aman hususnya Kab.Lumajang.
Selain istighotsah juga diberi santapan rokhani  oleh para Kyai dan ketua Annadhiriyah Jawa timur Yaitu Ibu Nyai Hajah Fina Nadhiroh atau Ibu Nyai Ni’mah Nasih menantu dari Almarhum Kyai Haji Hamid Pasuruan..
Dengan harapan agar jamaah istighotsah Muslimat NU  membiasakan setiap sudah sholat lima waktu membaca Istighotsah Secara berjamaah atau per orangan(sendiri)

by : M. Suwoko