KEGIATAN EXSTRA KURIKULER MI.NURIS PAGOWAN

Madrasah Ibtidaiyah  Nurul Islam (MINI) yang terletak di Dusun Krajan RT 002 RW 001 Desa Pagowan Kecamatan Pasrujambe  acap kali meraih  kejuaraan  lomba bidang studi agama maupun umum.Madrasah tersebut  berdiri sejak tahun 1957 oleh KH.Rukanji (KH.Khotib Mustofa dan Kyai Abdul Khamid kakak kandungnya dan  tokoh-tokoh Agama Islam Yang lain.
Pada saat itu Madrasah hanya diberi pelajaran Agama saja,dan tidak bisa mengiuti Ujian Nasional. Tapi Mengikuti Ujian Ma’arif  bergabung dengan Madrasah Nurul Islam  yang ada di Desa Karanganom Dusun Grenjeng Kecamatan Senduro waktu oitu. Namun sejak tahun 1972 Madrasah sudah diberi pelajaran Agama dan umum  sehinga bisa mengikuti  Ujian Nasional dan ber ijasah setara dengan sekolah umum  seperti  Sekolah dasar ( SD)
Kelebihan Madrasah tersebut  bisa mengikuti dua ujian disamping ujian Negara juga mengikuti Ujian yang diselenggarakan oleh Lembaga Pendidikan Ma’arif Naungan kementrian Agama.
Jadi Madrasah mempunyai  dua ijasah yang sama-sama disahkan oleh pemerintah. Selain itu Madrasah Nurul Islam Pagowan  juga diberi pelajaran kepramukaan dan pelajaran Exstra kurikuler seperti  pelajaran bidang tilawatil qur’an (Berlagu ) yang nama umumnya pelajaran Qiroat.setiap hari Sabtu  pada jam 09.00 Wib -  10.30.Wib
Yang tujuanya agar siswa-siswi  gemar  membaca Alqur ‘an  berlagu dengan  praktek bidang tajwid,Makhroj,Fasokhahnya,kegiatan ini  kadang-kadang di Masjid  atau di Sekolahannya.
Harapan Kepala Sekolah Ustadz Ulul Amri,M.pd.I  dan Dewan pembina /Guru yang lain supaya siswa-siswi  Madrasah  Nurul Islam setelah keluar  untuk melanjutkan  kependidikan  lanjutan  SLTP sederajat  atau kepondok pesantren sudah pandai  atau lancar membaca Al-qur’an,selain Ngaji di Musholla atau TPQ/TPA disekitarnya
By : M. Suwoko