Cegah Penyakit Sedini Mungkin Dengan ke Posbindu PTM



Dinas Kesehatan bersama Pemerintah Desa Kertosari mengadakan Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) di balaidesa Kertosari pada hari senin (14-05-2018). Untuk melayani masyarakat Kertosari dalam menjaga kesehatan Tim Posbindu ini terdiri dari Dokter, Perawat, Promkes, dan sejumlah kader kesehatan. Disini masyarakat disosialisasikan tentang pemberantasan sarang nyamuk dan tentang pentingnya menjaga kesehatan masyarakat di desa Kertosari. Hal ini dilakukan agar masyarakat bisa mengetahui secara dini faktor resiko penyakit tidak menular (PTM) karena melihat dari kebiasaan masyarakat, mereka cenderung memeriksakan dirinya jika sudah terkena penyakit. Oleh karena itu kegiatan ini bisa dijadikan untuk mencegah dan mendeteksi secara dini penyakit yang ada di diri kita masing-masing. 




Sebelum dilakukan pemeriksaan kesehatan, masyarakat diajak untuk senam bersama-sama dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan secara gratis yang meliputi Tinggi Badan (TB), Berat Badan (BB), Tekanan Darah (TD), Indek Masa Tubuh (IMT), pemeriksaan gula darah untuk melihat kencing manis atau tidak. Semua pemeriksaan dalam kegiatan ini masyarakat tidak khawatir akan biaya karena semuanya sudah digratiskan oleh Dinas Kesehatan.


Begitu senangnya masyarakat Kertosari dalam kegiatan ini karena selain semuanya gratis masyarakat sangat terbantu untuk mengetahui kesehatan diri sendiri sejak dini. Masyarakat berharap kegiatan ini bisa diadakan setiap bulan karena memang sangat dibutuhkan baik itu kegiatan senam ataupun pemeriksaan kesehatan. Kegiatan ini adalah salah satu Upaya Kesehatan Berbasis Masyarakat (UKBM) Desa Kertosari dan Dinas Kesehatan. (m.kofan.m)