MUSABAQOH TILAWATIL QUR’AN TH 2018

Camat  Pasrujambe Edy Iriyanto,S.Sos dan Sekretaris Kecamatan Iko Sarasdiwanto,S.Sos selaku ketua LPTQ Kec.Pasrujambe melepas kafilah/peserta MTQ  pada hari senin tanggal 30 April 2018 di pendopo kecamatan Pasrujambe.
Peserta MTQ dari Pasrujambe sebanyak 20 peserta terdiri dari tingkat Anak- anak,remaja dewasa dengan oficial/pendamping 6 orang.
Cabang yang dikuti oleh kafilah MTQ Kecamatan Pasrujambe adalah sebagai berikut:
1.Cabang Tartil Qur’an golongan anak-anak sebanyak 4 anak putra putri
2.Cabang tilawatil qur’an (STQ) sebanyak 6 orang terdiri dari anak-anak remaja dan dewasa  masing-masing  2 orang putra putri.
3.Cabang  Tahfidz  MHQ ( musabaqoh hifdzil qur’an) golongan 10 jus satu orang putri dan golongan 20 jus satu orang putri.
4.Cabang MKQ ( Musabaqoh khottil qur’an/Kaligrafi sebanyak 6 orang terdiri dari anak-anak remaja dan dewasa.
Pembukaan Musabaqoh Tilawatil Qur’an dilaksanakan di pendopo Kabupaten Lumajang dan dibuka oleh SEKDA Drs.Gawat sudarmanto  selaku ketua LPTQ Kabupaten Lumajang yang dikuti semua peserta MTQ dan pendamping kurang lebih 300 orang.
Setelah pembukaan peserta menuju ketempat Lomba sesuai yang ditentukan oleh panitia dan sesuai cabangnya yang diikuti.Dan untuk peserta Remaja dan dewasa diseleksi dan diambil tiga peserta putra tiga peserta putri husus cabang STQ seni tilawatil qur’an.Kemudian pelaksanaan final dilaksanakan di alun-alun selatan /lapangan tenes dari pukul 20.oo wib sampai 23.00 Wib. Selesai pelaksanaan Final langsung hasil pemenangnya diumum seketika itu.
Alhamdulillah Untuk Kecamatan Pasrujambe mendapatkan lima kejuaraan antara lain:  Cabang MKQ /Kaligrafi sebagai juara I putra oleh Refil dari Dusun Plambang Desa Pasrujambe.   Cabang MHQ / Musabaqoh Hifdzil qur’an Putri golongan 20  jus bernama Hurrotul Anisa.Sebagai juara I dari Dusun Ngambon Desa Jambekumbu ia ber usia 18 tahun.
Cabang MHQ (musabaqoh Hifdzil qur’ an  golongan 10 jus putri diraih oleh Siti Mukarromah sebagai juara dua dari kunal Desa Pasrujambe ia berusia 24 tahun.
STQ/ seni tilawatil qur’an golongan dewasa putra diraih oleh Mahfud sebagai juara ke tigaDesa Pasrujambe usia 22 tahun.Cabang STQ/ Seni tilawatil qur’an putri dewasa sebagai juara III oleh Khoswatun Fitriyah dusun Kunal Desa Pasrujambe          
            Harapan pemerintah dan panitia hususnya Kecamatan Pasrujambe peserta dari Kecamatan Pasrujambe baik yang mmendapat juara atau yang tidak mendapat juara mohon untuk ditingkatkan lagi ,dan untuk  diadakan pembinaan dimasing –masing desa sesuai dengan bidangnya.
Kemudian  sebelum  pelaksanaan MTQ tingkat Kecamatan  untuk diadakan seleksi  ditingkat Desa masing-masing minimal  kurang  satu bulan pelaksanaan  MTQ tingkat Kecamatan sesuai  cabang  yang diikuti oleh pesrta.