Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga Sejahtera ( UPPKS )

Pemerintah  telah berusaha  bagaimana  masyarakat  bisa  sejahtera.  Dalam hal ini Bambang Sriwahyudi bersama setiapnya  Hariyanto berupaya mengadakan kegiatan  mengumpulkan  masyarakat/kader KB, khususnya bagi yang  mempunyai  usaha  kecil-kecilan  seperti  jualan rujak, es, cilot ,mie ayam, bakso, makanan ringan  sebanyak 50  orang.
          Mereka dikumpulkan di aula kecamatan Pasrujambe pada  tanggal  09 Mei 2018 dan dihadiri  petugas  Ketahanan pangan dari Kabupaten Lumajang ( Bu, Eko Lesti ) sebagai nara sumber. Selain itu Petugas  Lapangan  Keluarga  Berencana (PLKB) Bambang  Sriwahyudi  masih berusaha  mendatangkan nara sumber  seorang  wira usaha yang sudah sukses dari Dusun Kencono Desa  Jambekumbu Kecamatan Pasrujambe beliau bernama  Sulasmi. Sulasmi seorang  berwira usaha yang diawali dari membuat dan menjual kripik pisang yang awal mulanya ia mempunyai  modal cuma    Rp 13.000,- ( tiga belas ribu rupiah ) karena ia selalu menekuni usahanya  hingga sekarang  usahanya  lebih meningkat  tidak hanya membuat kripik pisang tapi bermacam  macam jenis makanan  ringan seperti Kripik     kentang, tales/bonthe, jahe, kedelai, singkong dll. Biaya yang asalnya Rp 1.000,- sekarang mengembang menjadi ratusan juta rupiah
           Dengan demikian maka pemerintah  juga berusaha memberi  bantuan berupa alat-alatnya  seperti wajan, kompor, alat pres/jilid plastik untuk kemasan dan diberi merk sehingga hasil usahanya tersebut tidak hanya dijual di Kecamatan Pasrujambe bahkan dipasarkan sampai keluar Kabupaten Jember, Probolinggo, Malang, Pasuruan dan  di Indomaret, Alfa Maret yang ada di Kabupaten tersebut. (Zaenal Abidin)